KKL Fisik Sosial Jurusan Geografi FIS UNP tahun 2018

Agenda Jurusan Geografi setiap tahun sesuai dengan kurikulum baik di Program Studi Pendidikan Geografi maupun di Program Studi Geografi adalah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fisik dan sosial masing-masing 1 SKS. KKL fisik diikuti oleh mahasiswa angkatan 2016 dan KKL Sosial diikuti oleh mahasiswa angkatan 2015.  Tahun 2018 ini KKL berlokasi di Nagari Aur Begalung Talaok Kecamatan Bayang kabupaten Pesisir Selatan tepatnya di kampung Lubuk Begalung,  dari tanggal 25-29 April 2018. Pada tanggal 25 April tim pionir dengan beberapa  dosen dan teknisi labor bertugas mempersiapkan lokasi KKL terutama terkait dengan pemasangan tenda, instalasi listrik dan hal-hal lain yang terkait dengan keberlangsungan KKL. Tanggal  26 April 2018 seluruh mahasiswa yang berjumlah 445 sudah berada di tempat KKL, yang berangkat dari Jurusan Geografi menuju lokasi KKL dengan mneggunakan 18 mobil Batalyon ABRI dan Kepolisian.  

Pembukaan KKL secara resmi dilakukan oleh Pjs. Wali Nagari Aur Begalung Talaok pada malam hari tanggal 26 april 2018 yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah-tamah dan pembicaraan tentang hal-hal yang terkait dengan   persiapan ke lapangan esok harinya di tenda barak antara dosen Jurusan Geografi dengan pemuka-pemuka masyarakat Nagari Aur Begalung Talaok serta Aparat  Pemda Kecamatan Bayang dan Polsek Bayang.

Kuliah Kerja Lapangan 2018 bertema ‘Pengembangan Wilayah Pedesaan melalui Kuliah kerja Lapangan Jurusan Geografi FIS UNP 2018’ yang terbagi atas beberapa tema penelitian yaitu penelitian fisik yang terkait dengan kedinamisan tanah dan air, penelitian sosial yang terkait dengan kedinamisan aspek kependudukan dan prasarana dan sarana permukiman, penelitian pendidikan terkait dengan keberadaan dan tingkat capaian mutu pendidikan khususnya pembelajaran geografi, pemetaan wilayah penelitian  dengan menggunakan drone  dan GPS serta penjaringan aspirasi dan permasalahan nagari melalui kelompok diskusi terarah (Focus group discussion/FGD) antara pemuka masyarakat dengan dosen dan mahasiswa dengan menggunakan media Peta dan Citra Spot 6 2017. Kelompok penelitian dibagi  berdasarkan tema-tema penelitian diatas. Sebelumnya persiapan yang matang telah dilakukan oleh seluruh panitia. Khusus untuk kegiatan penelitian dilakukan persiapan berupa penyusunan angket oleh tim dosen sesuai dengan penugasan masing-masing dan survey lapangan awal sebelum penelitian oleh tim dikliti.
Malam harinya  setelah survei lapangan pada tanggal 27 maupun tanggal 28 April mulai jam 20.00-22.30 di lima tenda barak diadakan kegiatan pengolahan dan kompilasi data untuk setiap tema penelitian, sekaligus presentasi hasil penelitian bagi kelompok yang sudah selesai mengolah data. Panitia sebelumnya telah membawa peralatan presentasi seperti infokus dan layar untuk setiap tenda barak sehingga  kegiatan pada malam hari tersebut benar-benar terlihat seperti kuliah di lapangan. Pada malam tanggal 28 April  sekitar jam 23.30 masyarakat nagari menampilkan kesenian  randai di pentas arena KKL. Kelompok randai tersebut  merupakan rintisan kegiatan kesenian yang dilakukan oleh pemuda-pemudi Nagari Aur Begalung Talaok.

Penutupan KKL dilakukan  pada hari Minggu tanggal 29 April 2018 jam 12.30 di lokasi KKL oleh salah seorang  calon Wali Nagari. Pada acara penutupan diserahkan bantuan berupa papan nama  dan kawat untuk objek wisata Puncak Sigiriak, bantuan untuk mesjid dan kelompok kesenian. Kegiatan KKL kali ini terasa  semakin baik sehingga diharapkan dapat menjadi percontohan kegiatan KKL selanjutnya,   baik untuk  persiapan dan kegiatan di lapangan maupun dari aspek tema.